Rabu, 04 Februari 2015

Manfaat Menggunakan Google Drive

              Google ini memiliki banyak manfaat yang dapat digunakan sebagai sarana menyimpan, sharing hingga fitur editing. Google Drive juga termasuk dari salah satu yang banyak digunakan oleh pengguna internet dari kapasitasnya yang lumayan besar 5 GB dapat digunakan untuk menyimpan berbagai file seperti dokumen, gambar, video, musik dan file yang lainnya. Kapasitas 5 GB dapat diupgrade dengan cara berbayar / premium untuk mendapatkannya.
Banyak hal bisa dibuat didalam google drive seperti :
§  Document
§  Presentation
§  Spreadsheet
§  Form
§  Drawing

§  Folder

Kamu yang menggunakan layanan google drive ini akan mudah dalam hal managemen file karena secara otomatis akan terintegrasi dengan berbagai layanan google lainnya. Dengan menyimpan di google drive maka kita tidak perlu khawatir dengan kehilangan data tersebut. disaat laptop, komputer, smartphone kita rusak maka file dapat tetap diakses karena berada di google drive. Untuk mengakses data ini kita hanya cukup menggunakan email gmail kita.
  • Cara Menggunakan Google Drive
Nah bagi pemula terkadang mengalami kebingungan bagaimana cara menggunakan Google Drive itu sendiri,mari kita belajar bersama. Untuk memulai Google Drive, pergi ke drive.google.com kemudian aktifkan layanan. Setelah Anda memiliki akses ke Drive, Anda siap untuk mulai menggunakan layanan ini. Anda akan melihat bahwa Google Drive Anda sekilas terlihat dan bekerja sangat mirip Google Docs. Anda dapat membuat file, membuat koleksi folder, menggunakan bar bagian atas untuk mencari, dan meng-upload file dengan menyeret dan menjatuhkan ke dalam jendela browser.
Namun, tidak seperti Docs, kini Anda dapat mengelola seluruh drive dari desktop Anda dengan menginstal aplikasi Google Drive. Caranya mudah, setelah Anda masuk drive.google.com, lihatlah sidebar bagian kiri dan pilih Download Google Drive. Setelah Anda mendownloadnya, perangkat Anda akan memiliki folder Google Drive, sehingga setiap perubahan yang Anda buat akan tercermin dalam antarmuka Web, dan sebaliknya.
Selama Anda terkoneksi dengan Internet, ketika Anda menambahkan file ke folder Google Drive , file Anda akan langsung otomastis ter-upload ke drive Web Anda. Mudah bukan?

  • Fasilitas Google Drive
  1. Google Drive memberikan ruang (space) gratis sebanyak 5 GB. Kalau kurang Anda dapat meng-upgrade menjadi 25 GB dengan membayar $2.49 per bulan atau $30 (sekitar Rp280 ribu) per tahun.
  2. Membuat dokumen baru, spreadsheet, dan presentasi secara instan. Dapat mengedit suatu dokumen dengan kolega bersama-sama pada waktu yang sama. Ini salah satu kelebihan Google Drive jika dibandingkan dengan situs berbagi pakai.
  3. Gmail attachment (sisipan) tidak perlu lagi. Link dari Google Drive dapat dikirim ke Gmail untuk dijadikan attachment secara otomatis.
  4. Video dan Foto yang tersimpan di Google Drive akan otomatis tersedia di Google Plus.
  5. Mesin pencari khusus tersedia di Google Drive untuk mencari berkas yang ada. Dilengkapi dengan opsi pencarian berbasis ekstensi (jenis) file, bukan hanya nama berkasnya saja.
  6. Dapat membuka semua format file, termasuk Adobe HD Video, Photoshop, dll walaupun Anda belum menginstal software tersebut di komputer.
  7. Dapat berbagai file (berkas) dengan menggunakan berbagai aplikasi. Jadi, fitur ini fungsinya sama dengan situs berbagi pakain lain.
  8. Simpan otomatis. Begitu Anda membuat perubahan di salah satu file di Google Drive, ia akan tersimpan secara otomatis.
  • Memasang aplikasi Google Drive
Aplikasi Google Drive tersedia di·Toko Web Chrome dan sobat dapat memasangnya untuk digunakan dalam Google Drive di web. Aplikasi kompatibel dengan semua browser yang didukung.
  1. Buka·Toko Web Chrome.
  2. Telusuri “Aplikasi Drive”.
  3. Klik tombol + Tambahkan ke Drive yang berwarna biru.
  4. Berikan otorisasi pada aplikasi untuk mengakses file di Google Drive Anda. (Pelajari lebih lanjut tentang keamanan aplikasi Google Drive.)
  5. Klik Pasang.

Berikut kelebihan  :
  • Dengan Hard Google, yang dapat menyimpan semua file di satu tempat, sehingga kita dapat mengaksesnya dari mana saja dan berbagi dengan orang lain.
  • Gunakan Google Hard Android app untuk mengakses foto, dokumen, video dan file lain yang disimpan pada Drive Google.
  • Kita bisa Upload/Download file ke Hard Google langsung dari perangkat
  • Membuat file Foler yang tersedia offline sehingga Anda dapat mengaksesnya bahkan ketika Anda tidak memiliki koneksi Internet
  • Membuat dan mengedit dokumen Google dengan format rich text
  • Lakukan perubahan cepat untuk spreadsheet
  • Bisa membaca file PDF
  • Upload dan mengkonversi file ke format Google Docs
  • Mengambil foto dari teks dicetak dan mengubahnya menjadi dokumen Google
  • Support untuk pengguna tablet, Honeycomb (Android 3.0 +)
  • Buka dan lihat file apapun
  • Simpan file seseorang di tempat yang aman   
  • Akses dimana saja
  • Buka dan lihat file apapun
  • Simpan file seseorang di tempat yang aman   
  • Penelusuran yang canggih
  • Lebih dari penyimpana kolaborasi

Kelemahan
Kelemahan penyimpanan data online adalah ketergantungan kita dengan jaringan internet. Untuk wilayah Indonesia tidak semua tempat memiliki akses internet yang memunkinkan dapat berjalan dengan lancar.
Manfaat Dari Google Drive antara lain :
  1. penyimpanan data secara ONLINE. Yang pasti kehadiran Google Drive memberikan kesempatan bagi kita untuk memberikan alternatif tempat penyimpanan data. Data adalah aset yang sangat berharga yang harus dilindungi dan dirawat. Media penyimpanan yang sering dipakai saat ini adalah Flash drive, Harddisk, atau CD/DVD. Dengan hadirnya media penyimpanan online maka keberadaan data akan bisa akses dimanapun dengan catatan harus ada akses internet tanpa repot membawa media penyimpanan data.Kelemahan penyimpanan data online adalah ketergantungan kita dengan jaringan internet. Untuk wilayah Indonesia, tidak semua tempat memiliki akses internet yang memadai.
  2. Mobilitas / dapat di akses dimana-manadengan. Adanya Google drive, kita bisa membuka file-file, / dokumen kita. (yang sudah terdaftar di acount Google drive).  asalkan, kita terhubung di internet
Alat-alat yang dapat membuka Google drive antaralain :

1.HP smart phone,
2.tablet PC
3.PC desktop
4.Notebook / Netbook
NB : dari perangkat2 diatas, dapat mengakses, Google Drive, asalkan, terhubung di internet.

Menyisipkan file Drive (desktop):

  1. Di bawah email yang Anda tulis, klik ikon Google Drive insert from Drive. Di jendela yang muncul, Anda dapat mengunggah file ke Google Drive, serta menavigasi ke atau menelusuri file yang Anda simpan di Drive. Untuk file yang disimpan di Drive, centang kotak di samping file yang ingin disisipkan.
  2. Klik tombol Sisipkan.
Gmail selanjutnya menambahkan tautan ke pesan Anda agar penerima dapat mengeklik tautan untuk melihat file Anda.

Menyisipkan file Drive (Android)

  1. Sentuh ikon Menu (tiga titik abu-abu, atau tombol menu pada perangkat).
  2. Sentuh Sisipkan dari Drive.
  3. Cari dan sentuh item yang ingin Anda lampirkan.
  4. Sentuh Pilih di sudut kanan bawah.
  5. Anda kemudian akan melihat file tersebut sebaris di dalam pesan.

Menyisipkan file Drive (iOS)

  1. Mulai menulis email.
  2. Sentuh ikon penjepit kertas.
  3. Sentuh Sisipkan dari Drive.
  4. Pilih file yang ingin dikirim.
  5. Jika file Drive tidak dibagikan dengan orang-orang yang Anda kirimi email, Anda akan melihat kotak yang menanyakan apakah Anda ingin mengubah izin, setelah menyentuh tombol Kirim.
Semoga informasi ini bisa membantu Anda memanfaatkan penggunaan layanan penyimpanan dari Google ini. Terimakasih

1 komentar: